Rabu, 12 Agustus 2020

Kebugaran Jasmani

Materi pjok kelas 4 A,B,C,D,E,F

Materi Pembelajaran PJOK Kelas 4
Hari                        : Rabu
Tanggal                 : 12 Agustus 2020
Kelas                     : 4 A,B,C,D,E,F
Assalamualaikum,wr,wb
KEBUGARAN JASMANI
Materi Kebugaran Jasmani – Pada pembelajaran kita hari ini bapak akan membahas tentang Kebugaran Jasmani meliputi Latihan Daya Tahan dan Kekuatan ,Latihan Kelenturan dengan gambar dan contoh nya supaya lebih mudah di mengerti.
Olah raga merupakan sebuah pergerakan pada anggota tubuh untuk menjaga kesehatan sehingga dalam melakukan setiap penggerakan olah raga alangkah baiknya melakukan pemanasan terlebih dahulu.
Poin yang penting yang akan di bahas adalah Kebugaran Jasmani untuk lebih lengkap nya simak rangkuman di bawah ini :

 Orang yang memiliki tubuh bugar dapat melakukan kegiatan fisik tanpa menimbulkan kelelahan yang berlebihan. Kebugaran jasmani dapat dilakukan dengan berbagai macam latihan. Dengan latihan daya tahan, kekuatan, kebugaran, kelenturan otot, dan koordinasi tubuh akan selalu terjaga dengan baik. Semua latihan dilakukan agar tubuh makin sehat dan bugar. Dengan kebugaran jasmani kamu dapat melakukan banyak kegiatan. Kegiatan aktivitas jasmani dapat membuat tubuh menjadi ideal.

 

A) Latihan Daya Tahan dan Kekuatan

Daya tahan.

 Daya tahan adalah kemampuan seseorang untuk melakukan kegiatan dalam kurun waktu yang lama. Apabila kamu memiliki daya tahan yang bagus, maka kamu bias melakukan kegiatan yang lama tanpa mengalami kelelahan. Daya tahan seseorang dapat ditingkatkan melalui latihan-latihan tertentu misalnya naik turun bangku, dan lompat tali yang bertujuan untuk meningkatkan daya tahan otot tungkai dan sebagainya.

 Melatih kekuatan otot
Apabila kamu memiliki kekuatan, maka kamu bias mengangkat benda berat, melempar benda yang jauh, menendang bola jauh, dan memukul benda yang keras. Contoh latihan yang dapat meningkatkan kekuatan adalah push up dan pull up yang dapat menguatkan otot lengan dan bahu.

 

B) Latihan Kelentukan

Kemampuan persendian untuk bergerak selaus-luasnya disebut dengan kelentukan. Manfaat kelentukan bagi tubuh antara lain :


1.    Mengurangi cedera pada otot dan sendi
2.    Meningkatkan kecepatan, koordinasi, dan kelincahan tubuh
3.    Sikap tubuh menjadi lebih baik dan benar

Contoh kelentukan tubuh diantaranya

1.    Kelentukan otot leher
2.    Meliukan badan
3.    Mencium lutut

 

 

Baiklah tugas hari ini:

  1.  Buatlah contoh vidio mengenai kegiatan Kebugaran Jasmani 
  2.  Untuk contoh vidio bisa melihat di youtube
  3.  Untuk pengumpulan tugas berupa vidio minimal 15 detik dan foto ekspresi kalian saat melakukan olahraga tersebut,terimakasih.   
  4. Kirim ke wa pak ilham (0813 7965 5491) 

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar